Kuliner Khas Solo, Dawet Telasih

3/03/2015
Dawet Telasih - Saya awalnya sempet penasaran dengan nama Telasih, saya mengira Telasih adalah nama orang atau tempat. Tapi ternyata eee ternyata Telasih merupakan salah satu nama kuliner khas di Solo. Namanya adalah "Dawet Telasih". Ya.. dawet telasih merupakan salah satu kuliner khas solo yang lagi populer di kalangan masyarakat Solo.
Kuliner Khas Solo, Dawet Telasih

Dawet yang berbahan dasar Cendol, jenang ketan ireng, Jenang bubur sungsum dan selasih ini rasanya memang lain dengan dawet di daerah lain. Pasalnya yang menjadi ciri khas dari Dawet Telasih adalah dari cendolnya yang terbuat dari pati aren atau disebut onggok. Air dawetnya yang berwarna putih, bukan kecokelatan sebagaimana halnyacendol pada umumnya, lantaran guyuran sirup gula dan santan kelapa.

Kuliner Khas Solo, Dawet Telasih


Dawet telasih ini menurut si penjual biasanya disajikan dalam mangkuk kecil yang berwarna putih. Atau kalo mau buat oleh-oleh ya harus dibungkus dengan plastik. Agar rasanya lebih manis dan seger biasanya dalam dawet telasih biasa dicampurkan dengan sedikit serutan/pecahan es batu, sehingga nambahin rasa mak nyus segernya..

Tadinya saa ingin nambah 1 porsi lagi karena ketagihan akan rasa manisnya dari dawet telasih ini, namu sayang rasanya perut ini sudah penuh. jadi akhirnya ya di bungkus saja untuk bekal di perjalanan.

Nah untuk Anda yang ingin merasakan juga sensasinya manis Dawet Telasih, Anda bisa datang untuk mencicipinya di Warung Bu Dermi dekat pintu utara pasar Gede Solo. Untuk 1 porsi Dawet Telasih biasa harganya cukup murah hanya Rp 4000,- sedangkan kalo tambah tape ketan harganya jadi Rp 5.000,-.
Sangat Mmurah kannn..?

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai